Rabu, 13 Mei 2009

Agar Suami Makin Cinta


Adalah hal yang fitrah kalau seorang wanita ingin dikatakan cantik oleh pasangannya. Begitupun saya. Saat badan kian melar, terkadang rasa PD kepada suami berkurang. Saya pernah membicarakan ini dengan suami, dan jawabannya tidak membuat saya semangat untuk berdiet. “yang penting umi sehat, bagi abi gak masalah bla…bla…bla”.

Seorang sahabat menyarankan saya meminum green tea plus lemon untuk menurukan berat badan. Di hari ketiga, suatu malam sesaat setelah saya minum lemon tea, tiba-tiba saya pusing dan lemas banget…rupanya maag saya kambuh, saya lupa tidak makan sore, dan asemnya lemon membuat lambung saya gak kuat. Walhasil sejak saat itu suami melarang saya untuk diet-dietan. “Kalau umi pengen diet, banyak-banyak aja puasa, yang rajin puasa senin kamisnya” katanya. Ah, suamiku...

Saat ibu-ibu ramai membicarakan kosmetik dengan beragam merk dan berbagai khasiatnya, saya hanya bisa tersenyum. Dari dulu, sejak kami menikah, suami kurang suka kalau saya memakai lipstik atau memakai bedak berlebih (menurut beliau). Pernah suatu kali, di rumah ketika menunggu suami pulang, saya berdandan dan memakai lipstiki. Bukannya senang, beliau malah tersenyum aneh dan membuat saya benar-benar malu. “Umi pakai lipstik ya…”katanya geli.

Sebenarnya saya sendiripun termasuk orang yang malas berdandan. Dulu…hanya saya di keluarga yang selalu sering lupa memakai bedak. Hand&body lotion saya bisa awet sampai setahun karena jarang dipakai. Begitupun dengan bedak dan pelembap. Untuk kosmetik, apa yang direkomendasikan mamah saya, itulah yang saya pakai. Ketika mamah saya memakai merk A, saya ikut memakai merk A. Ketika mamah berganti ke merk lain, sayapun berganti. He…he.

Seingat saya, saya belum pernah membeli lipstik. Hanya pemberian bibi, kakak ipar dan terakhir mamah saya. Itupun tidak baru. Dan seingat saya hanya beberapa kali saja saya memakainya. Terakhir, ketika suatu kali mamah berkunjung ke rumah, sehabis saya operasi, lipstik beliau ketinggalan di rumah, sayapun memintanya karena tertarik warnanya yang natural. RedA 610, sampai sekarang menemani saya di Qatar.
----

Masih seputar kecantikan. Suatu kali saya menanyakan pendapat suami kalau saya memakai kawat gigi seperti ibu-ibu yang lain. Terjadilah dialog seperti ini:
“Bi, boleh gak umi pake kawat gigi, biar lebih rata dan tambah cantik…” kata saya kepada suami.
“emang umi pengen dibilangin cantik sama siapa? ”
“Ya sama abi dong”.
“Bagi abi, umi udah cantik kok”.
“tapi kan biar giginya jadi rata, bagus”.
“Kalau menurut abi sekarang udah bagus kok”.

Sayapun terdiam.
-----

Suatu kali saat kami dikendaraan, saya iseng-iseng bertanya:
“Abi emang tetep cinta sama umi padahal umi udah ndut begini?”
“Iya…”
“tapi masa sih sebagai laki-laki gak suka sama yang cantik-cantik…yang langsing-langsing”
“Dari dulu abi mah gak mempermasalahkan itu sih mi. Buat abi, fisik itu gak terlalu penting, yang penting bisa membawa Abi untuk jadi lebih baik lagi”


Saya terharu mendengarnya, tapi kemudian saya menyahut:

“ah abi mah, umi kan jadi tenang denger begitu…tapi nanti semakin lama-semakin lama, umi tambah ndut…udah gak menarik lagi, abi nikah lagi he…he…he…” (kami berdua meyakini bahwa poligami adalah salah satu hukum Allah, dan saya bukan yang “anti” poligami)
“Rasa cinta, rasa suka dan masalah pernikahan itukan bukan kita yang ngatur, Allah yang ngatur, makanya umi harus banyak-banyak berdo’a biar abinya gak…” katanya tanpa menyelesaikan kalimatnya. Saya langsung memotong:
“Iya ya bi ya, subhanallah…hebat abi mah. Tapi kalo umi laki-laki pun sepertinya umi juga akan mempunyai pendapat seperti abi”.

Pembicaraanpun selesai.
----

Ibu yang shalihah dan teman-teman yang saya cintai karena Allah…
Saya mempunyai seorang sahabat yang sekarang ini, di musim panas ini sedang semangat-semangatnya berpuasa. Katanya untuk mengqadha puasa yang dulu ketika hamil dan menyusui kedua anaknya, dia tinggalkan. Bulan Ramadhan nanti rencananya sahabat saya ini akan pergi umroh dan sebelum itu dia bertekad untuk melunasi hutang puasanya. “Masa hutang sama manusia saja harus dibayar, hutang sama Allah gak” ujarnya. Mendengar itu, subhaanallah…saya sungguh terharu.

Saya instrospeksi diri. Setelah saya gendut, saya agak berat untuk berpuasa sunah. Sudah semakin jarang puasa senin kamis saya amalkan. Pernah suatu ketika saat saya berpuasa, di sore hari hanya bisa baringan saja, untuk berbicarapun lemah, seperti orang sakit. He..he. Melihat itu, suami saya tertawa-tawa dan meledek “Liat Faaza, kasian uminya lemes! udah…umi buka aja…buka aja sana…ha..ha…ha”. Saya hanya bisa tersenyum, terlalu lemah untuk menjawab, hanya dalam hati bilang “sayang dong Bi…kan sebentar lagi magrib”. He..he.. Seperti anak kecil, sering puasa sunah saya hanya bertahan sampai dhuhur……memalukan memang. Ah, Ya Rabb…ampuni hamba ya Rabb…

Setelah mendengar cerita sahabat saya, suami menyemangati saya untuk mulai berpuasa lagi. Dan Alhamdulillah…senin kemarin dengan tekad kuat saya berpuasa, tidak seberat yang saya bayangkan, tidak seberat seperti sebelum-sebelumnya. Sore hari, sekitar jam setengah 6, saya sms suami yang masih ada di tempat kerja, baru jam 7 malam nanti beliau pulang.
“Assalamu’alaikum…Bi, umi masih puasa lho…ternyata umi bisa kuat juga ya bi…Alhamdulillah.”

Beberapa saat kemudian HP saya bunyi. Sms dari suami.

“Wassalamu’alaikum…wah, hebat euy…abi aja gak kuat..subhanallah..jadi makin cinta”.

Ah Saya bahagia, benar-benar bahagia. Subhanallah…saya genggam HP saya erat-erat. Sekarang dengan keyakinan pasti, saya telah menemukan cara, bagaimana agar suami makin cinta.

Uhibbuka Fillah Abi…

Catatan:
Abi dalam bahasa Arab berarti Bapakku. Sebenarnya diperuntukkan sebagai panggilan anak kepada Ayahnya. Tapi kebiasaan di Indonesia, istri pun memanggil suami dengan sebutan Abi, maksud sebenarnya untuk membahasakan anak agar terbiasa memanggil Abi. Begitu pula dengan panggilan Umi kepada Ibu.

6 komentar:

  1. Alhamdulillah.. menyejukkan banget menikmati curhat Ummu Faaza nich..
    Wadhow.. kesihannya yach.. 'afwan yaa Say.. kant sudah dikasih tanda petik dalam anjurannya klo' resep itu tidak cocok untuk wanita hamil dan penderita asam lambung ataupun maagh..
    Yang jeas sehat tu utama dibikin enjoy ajah lebih dari prasaan kita klo' ndut juga kurang nyaman kant meski pastinya suami tetep sejahtera Alhamdulillah..

    Sy juga sebenernya ga' suka bersolek..tp karna bertambah umur dan makin luntur aja ni kepedean jadi lebih ke perawatan aja trus ya gitu dech .. koment suami cantikkan klo' polos tanpa make up gitu malah ke' badut..(duuh kuasar amet euy..)

    Iya Ummu mang lega banget yaa klo' denger suami kita makin cinta dan merasa cukup seiya seperjuangan bersama kita seorang..hmm..sy juga gitu bahagia banget dan mrasa jadi wanita tercantik sedunia..ha gimana tidak coba..ada gadis muda cantik yg menawarkan diri dan jelas nyata banget satu selera ma sy dan mertua juga dah oke..(krn kenal duluan mrk .. syukurnya suamiku malah lupa ma orangnya kali dulunya masih kecil gitu..)dan ketika dibicarakan lewat telp..suami sy dg sangat tegas menolaknya.abis tu kami jadi makin mesra palagi ungkapnya sangat bahagia dan bersyukur cukup dg sy seorang selamanya serta katanya slalu berdoa agar berjodoh pula di akhirat kelak..hohoho... selangit dech rasanya ..Alhamdulillah..

    Ho oh yaa..jadi tambah semangat puasanya klo' dikasih ucapan selamat ma suami menjelang waktu berbuka..dan biasanya juga otomatis sekalian diringankan rutinitas domestik kita ma beliau alesan pan puasa ..heheheh..

    Smoga menjadi keluarga yg mawadah warohmah ya Ummu ..serta menjadi teladan bagi saya dan ibus lainnya..

    BalasHapus
  2. turut bahagia Ummu... poko'e BRAVO dech Alhamdulillah... semangat! wah wah.. ibadah puasa selain disuka Allah Ta'alla dapet bonus pula sehat lansing makin dicinta suami..

    BalasHapus
  3. Cinta hanya dengan namaNya, cinta hanya karenaNya, cinta dengan 'ibadah' hanya kepadaNya, takkan pernah lekang oleh usia dan penampilan.

    Tetap semangat ya Ummu Faaza dan tetap mensyukuri segala nimatNya...:)

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum.
    ih, ummu faaza bikin ngiler aja.
    Jadi pengen nikah.
    D0ain supaya j0d0h ana sebaik abinya umi sama faaza ya.
    Aminn.

    BalasHapus
  5. assalamualaikum..
    ihh.. ummu faaza bikin ngiler aja, huehe..
    doain ana dapet jodoh yang baik ya, kayak abinya umi sama faaza, amiinnn..

    BalasHapus
  6. @ Budhe Fakhrun...wah subhanallah...salut ya sama si ayah. Tp memang cari apalagi ya, lha wong budhe nya udah cantik luar dalam kok he3...amin...

    @ Betul ummu rina, memang gak ada ruginya kalau mencintai karena Allah...alhamdulillah.

    @ Adikku Melyn...jadilah muslimah sejati, dan yakinlah kekasih sejatimu telah disiapkan Allah pasti...semangat ya!

    BalasHapus