Senin, 23 Februari 2009

Telur Palsu...


Hidayatullah.com--Pusat Keamanan Pangan Hong Kong mengatakan bahwa semua telur impor harus ada sertifikat kesehatan, saat ini pengusaha yang bergerak dalam industri bidang ini belum menemukan adanya telur palsu.

Seruan ini muncul setelah di daratan China di duga muncul telur palsu. Di pasar Xiamen, Fujian di temukan satu partai telur yang di duga buatan manusia, setelah di masak fleksibilitas telur sangat baik, dan tidak ada rasa telur.

Pusat Keselamatan Makanan Hong Kong mengatakan bahwa semua telur impor harus sertifikat kesehatan, saat ini pengusaha yang bergerak dalam industri ini belum menemukan adanya telur palsu.

Menurut laporan pers, ada konsumen di Xiamen, Fujian China membeli beberapa telur di warung pasar, setelah pulang dimasak, dia menemukan kuning telurnya sangat elastis dan tidak mudah pecah, dan rasanya berbeda dengan telur pada umumnya.

Pengusaha lokal berdasarkan informasi yang diberikan oleh pemilik kios, mencari toko grosir yang menjual telur tersebut, namun pemilik menolak mereka di katakan menjual telur palsu, mereka mengatakan telur tersebut berasal dari Provinsi Liaoning dan memiliki sertifikat, dia bersedia berkordinasi dengan pihak berwenang untuk melakukan penyelidikan. Pihak berwenang sedang melacak dan menguji apakah telur yang diduga palsu itu berbahaya untuk manusia.

Ada pengusaha telur daratan China yang membocorkan, kulit telur palsu dibuat dari calcium carbonate, kuning telor dari telur putih di buat dengan menggunakan sodium alginate, alum, gelatin, edible kalsium khlorida tambah air, zat warna.

Para ahli menyatakan bahwa jika dalam jangka panjang mengkonsumsi telur palsu, akan mempengaruhi kesehatan manusia, termasuk menyebabkan daya ingatan otak menurun, gejala idiot dan sebagainya.

Pusat Keamanan Pangan Hong Kong menyerukan kapada industri perteloran, jika ada dugaan telur palsu, harus melaporkannya ke pusat keamanan untuk mengambil tindakan. [erb/www.hidayatullah.com]

5 komentar:

  1. Ini namanya kreatifitas yang kebablasan ya...
    Hmm, sudah selayaknya para Bunda bisa cerdas dalam hal pangan halal pangan sehat buat keluarga dan saudara kita ya... :)

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum.... ummu, maturnuwon informasinya, jd mesti hati-hati dalam mengkonsumsi telur neh, mudah-mudahan kita semua terhindar dari yang namanya telur palsu, biar sehat...amin

    BalasHapus
  3. mudah2an ga ditiru orang2 di Indonesia ya...secara ini ga baik utk kesehatan.
    Gmn ummi, bisa diliat kan tuh kata "secara" yg aneh.. :)

    BalasHapus
  4. Sekarang cari makanan aman dan sehat itu sulit ya.

    BalasHapus
  5. This is ridiculous. Better watch out. Hope the restaurants dont go for these dangerous imitaion eggs...

    BalasHapus